CANTIK SESUNGGUHNYA


Apa sih yang ada di benak kita saat mendengar kata cantik? Mayoritas kita akan membayangkan sosok wanita dengan rupa menawan, kulit putih bersih, tinggi semampai, bersuara merdu. Kecantikan yang cenderung pada keadaan fisik semata. Tak salah, tapi tak sepenuhnya benar. Ada pepatah yang mengatakan “ kecantikan itu ada di mata orang yang memandangnya”. Artinya kecantikan itu bersifat relatif. Cantik menurut si A belum tentu cantik menurut si B. Begitulah.... setiap kita memiliki penilaian yang berbeda.
Lalu, apakah cantik hanya milik mereka yang mempunyai rupa yang menawan? Belum tentu kawan! Saat melihat wanita dengan paras jelita, namun tutur katanya sering menyinggung perasaan, kurang memperhatikan kebersihan diri. Masihkah kita suka dengan kecantikannya? Atau dilain waktu bertemu dengan wanita dengan paras yang biasa saja. Tetapi santun dalam bertutur kata, sopan dalam perilaku, ramah. Justru kita merasa suka dengan dirinya.
Ternyata, cantik itu tak semata rupa yang rupawan.  jika ini menjadi indikator kecantikan, maka semua wanita di muka bumi bisa tampil cantik. Toh rupa yang rupawan dapat dipoles. Cantik yang sesungguhnya bukan dinilai dari keadaan fisik. Tetapi lebih dari itu, kecantikan justru datang dari dalam diri. Cantik dari hati, begitulah kita sering menyebutnya. Jadi, kecantikan itu bukan terpancar dari apa yang dikenakan, tetapi apa yang ada di dalam diri. Rumus cantik itu mudah, cukup seorang wanita merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan menjadi dirinya sendiri.
Namun bagi seorang wanita tentu tidak mudah untuk merasa nyaman dengan kondisi dirinya. Sebagai wanita, tentu mudah terpengaruh dengan apa dilihatnya. Produk kecantikan yang sangat masif di iklan-iklan maupun gaya hidup para selebritis yang kerap berseliweran di layar kaca yang menyebutkan wanita cantik itu identik dengan wanita yang tinggi, berkulit putih, berambut panjang, berhidung mancung, mata besar, serta langsing. Padahal sebenarnya tidak demikian. Kita lupa, setiap wanita yang terlahir di dunia ini memiliki keunikan yang menjadikannya istimewa.
Satu hal yang dapat dilakukan agar setiap wanita merasa nyaman dan bangga menjadi dirinya sendiri. Yaitu senantiasa merasa bahagia. Dan untuk benar-benar merasa bahagia, yang dilakukan adalah menerima diri apa adanya, senantiasa mensyukuri hidup, berdamai dengan diri sendiri (menerima kelebihan dan kekurangan ), tak perlu memusingkan apa kata orang, tak perlu memikirkan tuntutan orang (toh yang menentukan hidup dan kebahagian kita bukan orang lain).

Saat sudah merasa bahagia, maka seorang wanita akan merasa nyaman menjadi dirinya sendiri. Ketika seseorang merasakan nyaman dalam dirinya, maka ia akan berupaya untuk menjadi pribadi yang baik. Ini tercermin dari tutur kata yang sopan dan perilaku yang santun.  Kualitas kehidupan seseorang bukan dilihat dari penampilan fisik semata. Namun dilihat dari apa yang ia perbuat untuk dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Dan.... Inilah kecantikan yang sesungguhnya. 

Posting Komentar

1 Komentar