Mencuci Sepeda Motor Bersama Duo Krucil


Mencuci sepeda motor bagi sebagian orang adalah hal yang membuang waktu dan energi hingga sangat jarang ada yang rutin melakukan aktifitas ini. Apalagi dengan semakin menjamurnya usaha doorsmeer, cukup rogoh kocek Rp. 10.000,- dalam tempo sekitar satu jam motor pun akan tampil kinclong. Tanpa harus berbasah-basah dan tentunya tidak merasa lelah. Kendala pun cuma sebatas jenuh menunggu proses pencucian. Bagi pemilik usaha doorsmeer bolehlah hal ini menjadi perhatian. Bagaimana konsumen tak merasa bosan menunggu dengan menyediakan fasilitas tambahan. Seperti  ruang tunggu yang nyaman, full music atau ada buku yang bisa dibaca. Atau agar terlihat profesional, display ruangan doorsmeer di desain semenarik mungkin. Karena selama ini, tampilan jasa pencucian motor terkesan ala kadarnya. Cukup bermodal lapak sederhana di pinggir jalan sudah bisa beroperasi. Tak salah, tapi alangkah baiknya perlahan diupgrade lapaknya.

Aktifitas mencuci motor sebenarnya bukan hal yang membosankan. Bahkan cenderung mengasikkan jika tahu celah dari manfaat yang ada. Lah, emang ada gitu manfaatnya? Yang benar aja loe....

Manfaat Dari Mencuci Sepeda Motor

Sekecil apapun hal yang dilakukan, jika diniatkan untuk kebaikan pasti akan selalu ada hikmah yang tersimpan didalamnya. Begitu pula halnya dengan mencuci sendiri motor. Apa aja sih manfaatnya?
1. Menyehatkan Tubuh
Salah satu penyebab penyakit sering mampir adalah lemahnya daya tahan [imunitas] tubuh. Disamping mengkonsumsi makanan bergizi yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, olahraga menjadi faktor lain yang menjadikan tubuh tetap fit. Mencuci motor bisa jadi alternatif berolahraga. Berdiri, setengah berdiri, jongkok, tangan senantiasa bergerak, kaki melangkah adalah gerakan yang kerap dilakukan ketika mencuci motor. Hal ini tentu sangat baik bagi tubuh. Bergeraklah, hingga penyakit lelah untuk mengikutimu. Begitulah petuah orang bijak (eeh... bukan ding. Tepatnya begitulah petuah [sok] bijak ala Rahmad) ^^


2. Membantu Membentuk Karakter Anak Lelaki
“Abi mau kemana, kok bawa kunci kleta?”

“Gak kemana-mana loh nak, cuma nyuci kereta aja.”

“Ikut Bi.....”

“Boleeh.....”

“Asiiikk...!!!”
Dan.... aktifitas mencuci kereta di Jum’at pagi yang cerah kemarin sukses ‘dirusuhin’ anak-anak. Oh ya, jika ingin merasakan sensasi menjadi orang kaya datanglah ke Medan kawan. Karena kami terbiasa mencuci ‘kereta’ yang dimiliki hampir oleh seluruh warga Medan. Tak percaya? Ya sudah.... Karena kereta itu sebutan kami untuk motor. Hehehe....

Bagi anak laki-laki, figur seorang ayah adalah rujukan dalam berperilaku. Sosok ayahlah yang menjadi teladan bagi mereka. Jika anak lelaki kehilangan figur seorang ayah, biasanya mereka menjadikan sosok ibu sebagai rujukan. Mulai dari gaya bicara, cara berjalan, sampai bagaimana berpakaian. Ini menjadi alasan, mengapa dalam mengasuh anak kedua belah pihak harus bekerja sama. Tidak semata diserahkan ke pihak ibu sementara ayah sibuk bekerja. Akan tetapi jika ayah kandung telah tiada, figurnya dapat digantikan oleh orang lain (kakek, paman atau kerabat lelaki lainnya). Tentunya mereka turut andil dalam menunjukkan ‘sikap lelaki’ kepada anak laki-laki.

The trully idol, Rasulullah SAW telah menunjukkan kepada kita bagaimana mendidik seorang anak laki-laki. Lahir dalam keadaan yatim, tak lantas membuatnya kehilangan figur seorang ayah.  Beliau tetap merasakan didikan ayah dari kakeknya. Ketika sang kakek telah meninggal, pamannya mengambil alih pengasuhan atas dirinya. Tahukah kamu apa yang menjadi aktifitas keseharian Rasulullah? Yup... beliau menjadi penggembala kambing. Sangat maskulin ya.

Jadi jangan sepela dengan kegiatan mencuci motor sendiri di rumah. Apalagi jika memiliki anak laki-laki yang masih kecil. Mereka akan memahami kegiatan sebenarnya yang dilakukan bersama laki-laki. Bukan bermain boneka, atau masak-masakan bersama anak perermpuan.
3. Cukup Bayar Dengan Keringat
Serius!! Mencuci motor di rumah cukup dibayar dengan keringat alias gratis. Cukup bermodalkan pengkilap dan detergen (biasanya mah pake shampo) yang bisa dipakai berulang kali. Tak perlu antri di doorsmeer tentunya. Ada dua hal yang didapat jika mencuci sendiri motor; hemat dan sehat. Hanya ada satu jenis pengeluaran yang membuat bahagia, yaitu proses pengeluaran keringat dari dalam tubuh. Tak percaya? Monggo dipraktekkan.

4. Mengetahui Kondisi Kendaraan
Dengan mencuci sendiri motor, akan membuat kita semakin mengetahui kondisi motor. Terkadang tanpa sadar, ada beberapa bagian dari motor yang membuat kita tidak merasa nyaman ketika mengendarainya. Baut yang longgar misalnya.

Menghemat bukan alasan utama mencuci motor sendiri di rumah. Tetapi ia adalah terapi sederhana ditengah kesibukan yang mendera. Coba luangkan waktu sejenak untuk melakukannya. Nikmati setiap usapan ketika membilas dengan busa dan air. Resapi perubahan yang terjadi. Tentu ada kepuasan tersendiri menyaksikan kondisi motor dari yang sebelumnya penuh lumpur berubah bersih nan kinclong. Dan yang terpenting, mengasah rasa syukur kita atas nikmat memiliki kendaraan yang telah dianugerahkan oleh Sang Pemilik Rezeki.... Rabb semesta alam. Mencuci motor bersama duo krucil di rumah adalah bagian dari aktifitas tasyakur, mendidik di sela waktu yang kerap kuhabiskan di luar rumah. 

Posting Komentar

0 Komentar